Masalah
 pemasaran merupakan salahsatu aspek yang sangat penting bagi perusahaan
 untuk menjalankan roda perusahaannya, karena tidak jarang perusahaan 
gagal mencapai tujuannya disebabkan sistem pemasaran yang kurang tepat. 
Untuk lebih jelasnya Philip Kotler (1997:8) menyatakan :
“
 Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya 
individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan 
dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai 
dengan pihak lain .”
Kegiatan
 pemasaran tidak dapat dipisahkan dari seluruh rangkaian kegiatan usaha 
perusahaan karena didalamnya terdapat banyak bagian-bagian yang harus 
dimengerti dan dilaksanakan khususnya oleh seorang pemasar/lembaga 
pemasaran. Sedangkan pengertian menurut William J. Stanton (1993:7) 
yaitu :
“
 Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang
 untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan 
mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa 
baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial “.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar